Pj Gubernur Jabar resmikian dan seraherima Jembatan Cikarang Di Hari Buruh

DBMPR


Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin bersama Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan meresmikan Jembatan Cikarang di Jalan M.H Thamrin, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Rabu (1/5). Peresmian jembatan penghubung antar kawasan industri itu dilakukan saat peringatan Hari Buruh, juga dihadiri Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR)  Provinsi Jawa Barat , Bambang Tirtoyuliono bersama jajaran. 
Jembatan penghubung Kawasan Industri EJIP dan Lippo Cikarang dengan Kawasan Bekasi Fajar Industrial Estate.terdiri dari dua jembatan. Jembatan II selesai dibangun dan telah diujicobakan sejak Agustus 2017 silam. Sedangkan Jembatan I baru rampung direhabilitasi pada akhir Desember 2023 berhasil melewati uji beban/loading test untuk mengevaluasi struktur jembatan.
Pj. Gubenur Jabar mengatakan rehabilitasi jembatan ini adalah hasil kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Bekasi  akan  menyejahterakan buruh dan masyarakat karena dapat mempermudah aksesibilitas.   "Jadi hari ini kami Pemprov Jabar meresmikan revitalisasi Jembatan Cikarang dan tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat dan para pekerja dalam memudahkan pergerakan," ucap Bey Machmudin kepada para wartawan.
Selain itu, menurut Bey, dengan rampungnya revitalisasi Jembatan Cikarang, komitmen Pemprov Jabar untuk memberikan apresiasi pada para pekerja yang telah meningkatkan perekonomian negara pun terbayarkan. 
"Ini bukti Pemprov Jabar mengapresiasi mereka yang telah bekerja dengan baik dan memberikan sumbangsih pada ekonomi negara. Kita memberi perhatian pada kesejahteraan buruh. Peresmian jembatan ini juga untuk akses buruh," tutur Bey.
Pj. Gubenur Jabar mengatakan bahwa jembatan Cikarang hasil revitalisasi  ini telah diserahterimakan ke Pemkab Bekasi, sehinggga Pemkab Bekasi bisa lebih leluasa untuk merawat jembatan penghubung antar kawasan industri itu. 
Sementara Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengungkapkan , peresmian juga dilakukan bertepatan dengan Hari Buruh. Hal ini sebagai penanda lokasi tersebut merupakan bagian dari sejarah Kabupaten Bekasi dalam membina Hubungan Industrial Pancasila sekaligus pengingat bagi generasi mendatang. Terlebih, di atas jembatan I sebelumnya berdiri ‘Omah Buruh’ yang selama ini telah menjadi ikon pergerakan kaum buruh di Kabupaten Bekasi.
“Mudah-mudahan setelah diresmikan  oleh Pak Gubernur jembatannya awet dan bisa memperlancar arus lalu lintas di lokasi tersebut terutama sebelum dan sesudah jam kerja,” ungkap Pj Bupati.
Ke depan pihaknya akan melakukan perawatan baik penambahan lampu penerang jalan umum dan fasilitas penunjang lainnya.
“Tentunya kita akan menempatkan patroli dari Dinas Perhubungan termasuk PJU dan pemantauan dari Dinas Bina Marga aspek teknis jembatannya. Sehingga sekecil apa pun kendala nanti besok segera diselesaikan,” tandas Dani.