Dinas BMPR berpartisipasi dan berperan aktif dalam Rakortekrenbang tahun 2024

DBMPR


Plh Kadis Binamarga dan Penataan Ruang (BMPR) Provinsi Jawa Barat, Aris Budiman bersama beberapa Kepala Bidang dan Kasubag PP mendampingi Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Provinsi Jawa Barat mengikuti  Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang)  tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Kemendagri dan Bappenas, Senin-Rabu (4-6/3/2024) di Surabaya-Jawa Timur. 
    Hari pertama, diskusi   desk indikator lingkup Kebinamargaan dan Jasa Konstruksi, dipimpin oleh Ditjen Bangda dan dihadiri unsur-unsur Bappenas, Ditjen Bina Marga dan Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR. “Pada desk tersebut dibahas target-target indikator untuk tahun 2025 dan rencana kegiatan /sub kegiatan yang akan dilaksanakan,” ujar Plh Kadis.
    Hari kedua  dimana Pemda Provinsi  Jabar dipimpin oleh Kepala Bappeda, Iendra Sofyan, dilaksanakan  pembahasan proyek-proyek strategis 2025 yang diusulkan untuk  didanai dari APBN melalui Kementriuan/Lembaga  terkait. “Untuk lingkup BMPR disampaikan perlunya tindak lanjut pertemuan antara Pj Gubernur Jawa Barat dengan Menteri PUPR khususnya dukungan Pusat dalam menangani kebutuhan pembebasan lahan dan  konstruksinya untuk proyek-proyek BIUTR (Bandung Intra Urban Toll Road / tol dalam kota Bandung) dan Flyover/Underpass,” jelas Aris 
Rakortekrenbang tahun 2024 merupakan forum strategis yang akan menentukan proses perencanaan pembangunan ke depan. Khususnya dalam penyelarasan antara perencanaan pembangunan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Selain itu juga penyelarasan dan sinkronisasi APBD dan APBN,  
Rakortekbang 2024 dihadiri oleh perwakilan pemerintah daerah dari 38 provinsi dengan jumlah peserta sebanyak 5,000 orang. Kegiatan ini dituanrumahi oleh Provinsi Jawa Timur dan pelaksanaannya dilakukan di Kota Surabaya dari tanggal 26 Februari sampai dengan 7 Maret 2024.