DBMPR PERBAIKAN 354,822 KM JALAN DAN 3 JEMBATAN, TARGETKAN KEMANTAPAN JALAN 83,84%.

Dalam upaya mewujudkan jalan yang mantap dan mulus, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat bertanggung jawab atas infrastruktur jalan dan jembatan. Pada tahun 2023, sepanjang 354,822 kilometer jalan dan 3 jembatan akan diperbaiki atau dibangun. Pekerjaan perbaikan jalan terbagi dalam 71 ruas jalan, yang dibagi dalam 69 paket pekerjaan, dengan sebagian besar menggunakan hotmiks untuk pemeliharaan berkal atau pelapisan kembali (overlay).


Menjadi Provinsi terbesar kedua di Indonesia serta sasaran investasi dalam dan luar negeri tertinggi, aspek infrastruktur sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Barat. Sebab, jalan yang mulus dan mantap akan memudahkan mobilitas warga, barang, dan jasa, sehingga mempercepat pertumbuhan ekonomi. 
Tentu untuk mewujudkan jalan mantap dan mulus bukanlah perkara mudah. Terlebih, total panjang jalan provinsi di Jabar mencapai 2.362,183 km yang tersebar di 27 Kabupaten/kota seluruh Jawa Barat. Namun, komitmen itu sudah mulai diwujudkan melalui Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR)  Provinsi Jawa Barat sebagai penanggung jawab infrastruktur jalan dan jembatan. 
Untuk tahun  2023 sepanjang 354,822 kilometer  jalan dan 3 jembatan akan diperbaiki/dibangunan. Pekerjan perbaikan jalan tersebut berada di 71 ruas jalan  dibagi dalam 69 paket pekerjaan dan sebagian besar masuk dalam klasifikasi pemeliharaan berkal atau  pelapisan kembali (overlay)  dengan hotmiks.  Dengan Target selesai Juli 2023. 
"Setiap kabupaten/kota di seluruh Provinsi Jawa Barat ada ruas jalan yang diperbaiki  masuk dalam program jalan mulus ,” Ujar Kepala Dinas  BMPR Provinsi Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono. 
Bambang melanjutkan, penanganan jalan dan jembatan di Jabar selalu mengalami peningkatan dari segi jumlah ruas jalan dan jembatan yang diperbaiki maupun anggaran yang digunakan.  Hanya pada tahun tahun 2020 dan tahun 2021 anggaran perbaikan jalan  mengalami penurunan karena lebih difokuskan untuk penanganan Covid-19.  Tahun 2022, anggaran penanganan jalan dan jembatan kembali meningkat dan terakhir tahun 2023, anggaran penanganan jalan dan jembatan menyentuh meningkatkan siginifikan. Dan perbaikan jalan di tahun 2023 akan terus berlanjut  dan  sedang diusulkan  melalui anggaran perubahan. 
“Dengan  anggaran yang cukup  kami  kemantapan jalan akan meningkat dimana tahun sebesar 82,79%,  kemantapan jalan naik di akhir Desember 2023 menjadi 83,84%,” ujar Bambang.  Selain melalui pemeliharaan berkala dan juga rekontruksi   kemantapan jalan, peningkatan jalan dilakukan dengan  pemeliharaan rutin sepanjang 2.362,183 km. .
Sementara menyangkut penanganan jembatan, Dinas BMPR Prov. Jabar mencatat ada 1.295 jembatan yang berada di bawah kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Penanganan jembatan itu dibagi dalam sejumlah kegiatan, seperti pemeliharaan rutin, rehabilitasi, pembangunan dan penggantian jembatan.