Bima "Petarung" goes to ITB Kampus Cirebon.

Penataan Ruang


Cirebon, 5 Oktober 2023 - Dalam pengembangan dan pembangunan suatu wilayah, penataan ruang memainkan peran kunci. Dengan pemahaman ini, kegiatan yang diberi nama "Petarung" goes to ITB Campus Cirebon, yang diselenggarakan oleh Bidang Penataan Ruang, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, telah tiba di ITB Campus Cirebon pada Kamis (5/10/2023).

Kegiatan ini, yang bertujuan untuk mengedukasi dan berinteraksi dengan kalangan akademisi, terutama dalam konteks pengembangan Kawasan Rebana di wilayah Cirebon dan sekitarnya, telah menjadi sorotan. Mohammad Eko Damayanto, Kepala Bidang Penataan Ruang, mengungkapkan bahwa selain sosialisasi terkait Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang Wilayah (Perda RTRW) Provinsi Jawa Barat, pihaknya juga berharap dapat menggali masukan berharga dari kalangan akademisi.

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Iwan Kustiawan dari ITB menyatakan keyakinannya bahwa kegiatan semacam ini akan memberikan manfaat yang besar dan berkelanjutan. Ia berharap bahwa kolaborasi dengan kampus ITB Cirebon dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan pemahaman dan praktek terkait penataan ruang di wilayah tersebut.

"Kuliah" mengenai penataan ruang dipandu oleh Diary Nurwidya, yang merangkul mahasiswa Planologi dalam sesi tanya jawab dan kuis yang penuh antusiasme. Ini adalah kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang isu-isu penataan ruang yang relevan.

Selama kegiatan tersebut, Endang Damyanti dan jajaran pejabat penataan ruang turut hadir untuk mendukung dan memfasilitasi interaksi antara pemateri dan peserta. Dengan semangat "Petarung," kegiatan ini menunjukkan komitmen Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan pemahaman dan partisipasi dalam upaya penataan ruang yang berkelanjutan.